ULASAN SINGKAT IKAN KERAPU DARI CIRI-CIRI SAMPAI HARGA IKAN KERAPU

ULASAN SINGKAT IKAN KERAPU DARI CIRI-CIRI SAMPAI HARGA IKAN KERAPU

Tidak dapat dipungkiri bahwa ikan kerapu merupakan salah satu jenis ikan yang laris dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, saat ini Anda akan mendapati bahwa ada banyak negara di luar sana yang menginginkan untuk impor ikan ini. Alhasil ikan ini diekspor ke negara tersebut dengan demand yang tidak sedikit.

Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan mengenai ikan kerapu. Seperti ciri-ciri dari ikan, variasi jenis, serta harga dari ikan kerapu. Semakin banyak informasi yang Anda ketahui, maka hal tersebut akan semakin bagus untuk anda yang ingin berbelanja ikan kerapu.

Ciri Ciri Ikan Kerapu

Ciri-ciri ikan Kerapu yang pertama adalah ikan ini memiliki bentuk badan yang pipih dan mulut lebar. Badan yang pipih dari ikan ini berpostur kecil dan berukuran panjang. Rahang atas dan bawah dari gigi ikan ini memiliki gigi yang lancip dan kuat.

Sedangkan mulut lebar yang dimaksud adalah mulut bagian bawah panjangnya melebih yang bagian atas. Anda juga akan dapat mengidentifikasi ikan ini berdasarkan bentuk siripnya yang bundar. Sirip tersebut berjumlah tunggal dan memanjang

Bagian perut dari ikan ini tepat berada di bawah sirip bagian dada dari ikan. Badan dari ikan ini terdaoar sirip kecil dengan bentuk sisik stenoid. Setiap jenis dari ikan kerapu selalu memenuhi kriteria tersebut dan tidak banyak ikan yang memiliki ciri-ciri ini, terutama bagian rahangnya.

Setelah mengetahui dari karakteristik khas ikan kerapu, maka Anda sudah dapat membedakan ikan ini dibandingkan dengan variasi ikan lainnya. Kemampuan untuk dapat mengenali ikan ini berdasarkan ciri-cirinya sangat penting.

Variasi Ikan Kerapu

Ikan Kerapu juga memiliki banyak jenis. Setiap jenis sudah pasti akan memiliki detail yang berbeda-beda. Anda yang akan memulai bisnis budidaya ikan kerapu harus mampu untuk mengenali variasi dan masing-masing ciri-ciri dari variasi tersebut.

Hal ini akan berpengaruh dari harga penjual dan bibit dari ikan tersebut. Bahkan, ikan ini juga tidak hanya ditemukan di wilayah perairan Indonesia saja. Anda juga bisa menemukan jenis dari ikan ini di belahan dunia lainnya.

1. Ikan kerapu batik

Jenis ikan kerapu yang pertama adalah Ikan Kerapu Batik. Ikan ini biasa ditemukan di wilayah perairan Indo-Pasifik. Sebagian besar dari ikan ini juga senang menempati area terumbu karang, karena memang sebagian besar ikan bertempat tinggal di perairan dangkal.

Jenis ikan yang satu ini kini dilindungi, karena terancam kepunahan akibat ulah manusia yang melakukan penangkapan masal dan tidak diimbangi dengan pelestarian lingkungan. Padahal ikan yang satu ini juga dapat dibudidayakan dengan menggunakan karamba.

2. Ikan kerapu bebek

Jenis berikutnya adalah Kerapu bebek. Ikan ini juga mengalami ancaman kepunahan akibat penyebab yang sama dengan ikan kerapu batik. Saat ini ikan kerapu ini juga mulai di budidayakan untuk mencegahnya dari kepunahan. Jenis ini dapat berukuran paling tidak setengah meter.

3. Ikan kerapu kertang

Ikan Kerapu Kertang merupakan jenis ikan Kerapu yang banyak ditemukan pada kedalaman 100 meter dari permukaan. Ikan ini memiliki fisik didominasi dengan warna hitam dan terdapat totol berwarna putih. Anda akan dapat dengan mudah menemukan jenis ini di seluruh wilayah perairan Indonesia dan Pasifik. Ikan yang satu ini bisa hidup di ekosistem muara.

Selain dari jenis yang sudah disebutkan, masih terdapat banyak sekali ikan ini yang belum disebutkan jenisnya. Misalkan saja Ikan Kerapu Lumpur, Ikan Kerapu Macan, Ikan Kerapu Balong, Ikan Kerapu Sunuk, Ikan Kerapu Kustang, Ikan Kerapu Cantik, dan Ikan Kerapu Biasa. Banyak sekali kan jenisnya?

Memilih Ikan Kerapu Segar

Untuk mengetahui tanda-tanda ikan segar atau tidak, diharuskan untuk memperhatikan secara teliti dari segala sisi. Fresh atau tidaknya ikan bisa dilihat dengan kasat mata. Berikut adalah ciri-ciri ikan segar yang sehat untuk dikonsumsi,

1. Mata Ikan

Ikan yang segar dapat terlihat dari mata ikan. Mata ikan yang segar memiliki mata yang terang, bening, dan cembung. Jika dilihat secara kasat mata, bisa terlihat jelas dan mengkilap. Sangat terlihat perbedaannya dengan ikan yang tidak segar, biasanya ikan yang sudah tidak segar cenderung matanya buram dan terlihat pucat.

2. Insang Ikan

Jangan lupa untuk mengecek insang ikan, pastikan insang berwarna merah dan terasa kenyal jika disentuh. Karena insang yang segar memiliki warna merah tua, cerah atau terang, serta tidak berbau asing. Ciri-ciri insang yang tidak segar biasanya berbaca pucat atau gelap dan kotor, keabu-abuan, berlendir, serta berbau busuk.

3. Kulit & Lendir Ikan

Ada lagi cara termudah untuk kamu dalam mengecek kesegaran ikan, yaitu kulit ikan. Kulit ikan yang segar akan berwarna segar cemerlang dan tidak pudar. Selain itu, ikan yang segar juga memiliki daging yang elastis dan tidak mengalami perubahan ketika disentuh. Karena pada dasarnya ikan memiliki sisik yang kasar dan bercorak sesuai dengan masing-masing jenis ikan itu sendiri. Sisik ikan akan melekat kuat dan sisik utuh tertutup lendir atau belum banyak yang hilang. Lendir ikan juga berpengaruh dalam mengecek kesegaran ikan, lendir ikan segar akan terlihat cemerlang, transparan dan homogen. Jika lendir berwarna kekuningan dan atau berwarna putih susu maka bisa dikatakan itu tergolong kategori tidak segar.

4. Aroma & Sirip Ikan

Aroma ikan juga bisa menunjukkan kesegaran ikan yang dijual di pasar. Ikan yang segar akan memiliki aroma yang cenderung lebih amis. Sedangkan ikan yag tidak segar, memiliki aroma amis yang sedikit dan juga terasa asam. Kembali melihat pada fisik ikan, sirip yang kuat menandakan ikan tersebut masih dalam keadaan fresh (segar). Badan ikan yang terasa keras dan tidak terdapat luka-luka pada tubuhnya menjadi salah satu tanda ikan tersebut fresh.

Harga Ikan Kerapu Pasaran

Anda pasti penasaran dengan harga jual dari ikan kerapu dewasa di pasaran. Setiap jenis sudah pasti memiliki kisaran harga yang berbeda. Anda yang akan berbisnis budidaya ikan ini perlu untuk mengetahui kisaran harga tersebut.

Jenis Ikan Kerapu Harga ikan kerapu 
Ikan Kerapu Tikus Rp 420.000
Ikan Kerapu Merah Rp 375.000
Ikan Kerapu Batu Rp 230.000
Ikan Kerapu Macan Rp 120.000
Ikan Kerapu Kertang Rp 175.000
Ikan Kerapu Lumpur Rp 150.000
Ikan Kerapu Kustang Rp 405.000
Ikan Kerapu Cantang Rp 310.000

 

Itulah beberapa gambaran umum tentang ikan kerapu dan hal – hal yang harus diperhatikan dalam berbelanja  untuk mendapatkan ikan fresh yang berkualitas. Dengan ikan yang berkualitas tinggi, akan membuat masakan olahan ikan terasa lebih nikmat. Ikan yang tidak fresh, akan membuat masakan terasa tidak terlalu nikmat dilidah karena rasanya yang berkurang akibat tidak fresh. Pastikan ikan menjadi salah satu menu wajib yang disajikan untuk keluarga, karena manfaat dari kandungan gizi yang ada pada ikan sangat penting untuk kesehatan dan baik bagi masa pertumbuhan anak. Ayo, gemar makan ikan karena makan ikan itu sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *