Seni Berbelanja di Pasar Tradisional

Seni Berbelanja di Pasar Tradisional

Pasar tradisional saat ini memang masih bertahan diantara banyaknya supermarket yang lebih modern. Mungkin bayangan yang ada di kepala jika mendatangi pasar tradisional pasti becek, kotor, aroma tidak sedap dan susah dapat parkiran. Sejak zaman dulu pasar tradisional memang salah satu tempat belanja yang paling pas untuk ibu rumah tangga membeli bahan baku. Pasti banyak yang kala itu masih kecil sering diajak ibu atau ayah untuk belanja di pasar tradisional.

Tapi dengan kamu yang milenial belanja di pasar tradisional ada seninya dan banyak untungnya lho. Kira-kira apa saja ya? Tumbasin.id sudah merangkum apa saja yang bisa didapatkan saat belanja di pasar tradisional.

Untuk yang sering belanja di supermarket terkadang menemukan kualitas barang sudah tidak segar atau terlalu mahal. Berbeda jika belanja di pasar tradisional, barang-barang yang dijual memang kebanyakan masih segar. Mulai dari buah, sayur mayur hingga daging dan ikan, pasti bakal banyak menemukan item-item tersebut masih segar. Biasanya si pedagang akan menyediakan barang jualannya dengan kualitas yang bagus.

Belanja di pasar tradisional bisa tawar-menawar

Nah, selain itu kalau belanja di pasar tradisional bisa tawar-menawar. Memang inilah seninya kalau belanja di pasar tradisional bisa saling tawar-menawar. Tawar-menawar emang udah lama terjadi sejak dulu. Di sini sistem tawar menawar salah satu cara yang sering terjadi kalau belanja di pasar tradisional.

“Bang ini berapa harganya sekilo?”, “Sekilonya Rp 25 ribu buk”, “Rp 20 ribu aja bang, boleh ya?”. Nah, interaksi seperti ini sering terjadi saat berbelanja di pasar tradisional.

Biasanya kalau belanja dengan tawar-menawar, ketika pulang ke rumah membawa barang belanjaan pasti senang karena dapat harga yang murah. Sementara di supermarket, hal tawar-menawar seperti di pasar tradisional tidak akan terjadi. Kita hanya bisa melihat label harga yang sudah tertera di setiap item jualannya.

Bisa belanja dalam jumlah kecil dan murah

Belanja di pasar tradisional juga sangat menguntungkan bagi yang ingin membeli dalam jumlah kecil. Kalau membeli dalam jumlah kecil pastinya harganya tidak mahal. Seninya belanja di pasar tradisional adalah pembeli dan pedagang bisa langsung berinteraksi. Hal ini jarang ditemui ketika berbelanja di supermarket yang saat ini sudah menjamur.

Meskipun tidak ada promo layaknya supermarket, belanja di pasar tradisional jika sudah kenal dengan satu pedagang biasanya ia akan memberikan harga dagangannya lebih murah daripada yang tidak kenal alias bukan langganan. Hal ini cukup menguntungkan untuk mengirit dompet sehingga pengeluaran tidak membengkak setiap bulannya.

Menelusuri lorong-lorong area pasar juga menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Mengapa? Ya, karena bisa memilih dari satu pedagang ke pedagang lainnya. Misalkan ketika ingin membeli buah dalam jumlah kiloan atau sedikit, biasanya “si abang” memperbolehkan “si pembeli” membeli dalam jumlah sedikit. Tapi ya jangan sedikit-sedikit banget ya nanti “si abang” bisa cemberut lho.

Uang kembalian langsung dari pedagang

Belanja di pasar tradisional memang harus menyiapkan uang cash dan biasanya penjual akan menyiapkan uang kembalian. Bedanya kalau di supermarket tidak akan menemukan hal seperti ini. Biasanya saat belanja di supermarket kita menuju ke kasir untuk melakukan transaksi pembayaran semua barang belanjaan.

Selain itu, ketika belanja di pasar tradisional kita harus memperhatikan timbangan si penjual. Pintar-pintar dalam memilih penjual ketika belanja di pasar tradisional. Jangan sampai rugi dengan barang belanjaan yang sudah dibeli.

Nah, sudah tahu dimana seninya belanja di pasar tradisional? Untuk kamu yang ingin merasakan belanja di sana harus tahu seluk-beluk cara menawar dengan pintar. Jangan sampai kamu sudah membeli barang belanjaan di satu pedagang tetapi pedagang lainnya menjual dengan harga yang murah. Manfaatkanlah cara belanja dengan tawar-menawar.

Dan biasanya pedagang pasar tradisional akan menjual barang dagangan lebih lengkap bahkan yang tidak ada di supermarket. Jadi selamat menikmati belanja di pasar tradisional.

Namun, bagaimana jika aktivitas berbelanja di pasar tradisional ini terkendala oleh waktu dan jarak. Banyak ibu bekerja yang gemar berbelanja ke pasar tradisional, namun tidak lagi memiliki waktu. Atau ibu rumah tangga yang ingin berbelanja ke pasar tradisional, tetapi jarak pasarnya jauh?

Tumbasin hadir untuk membantu para ibu mendapatkan manfaat belanja di pasar tradisional tanpa keluar rumah.

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, hampir semua permasalahan sehari-hari dapat dicari solusinya. Tidak terkecuali dengan permasalahan yang melanda kaum ibu. Jika berbelanja di pasar tradisional masih menjadi pilihan utama karena berbagai kelebihan dan keuntungannya maka solusi waktu dan jarak dapat diatasi dengan sebuah aplikasi belanja online di pasar tradisional yang memungkinkan para ibu tetap mendapatkan manfaat yang sama seolah berbelanja sendiri ke pasar tradisional.

Aplikasi berbelanja online di pasar tradisional, tumbasin, berusaha untuk selalu mengedepankan manfaat-manfaat yang bisa didapatkan oleh pelanggan yang terbiasa mendapatkan manfaat berbelanja langsung di pasar tradisional. Misalnya saja dalam hal menjaga kualitas produk atau bahan pangan yang dijual melalui aplikasi. Tumbasin memiliki tim quality control utuk memastikan produk dan bahan pangan yang dipilih segar dan berkualitas.

Hal tersebut tentunya ditunjang oleh keahlian tim pasar dalam menjaring pedagang dengan komoditi yang layak jual dan sesuai standar. Hasilnya, bahan pangan dan produk makanan yang dijual adalah yang sudah terpilih kualitasnya. Begitu pun soal harga, tumbasin berusaha semaksimal mungkin menciptakan nilai yang saling menguntungkan antara pedagang dan pembeli.

Jika berbelanja di supermarket harus terlebih dahulu menunggu jam buka maka dengan aplikasi Tumbasin, pembeli bisa berbelanja bahkan satu hari sebelumnya. Jika sebelumnya pembeli harus meluangkan waktu, mencari tempat parkir di pasar maka dengan aplikasi tumbasin, pembeli tetap mendapatkan manfaat berbelanja ke pasar tradisional tanpa harus keluar rumah. Bahan pangan atau bahan masakan akan diantarkan ke rumah sesuai dengan hari pemesanan.

Jadi, tertarik untuk segera menikmati kemudahan berbelanja di pasar tradisional dengan segudang manfaatnya? Bagi pengalaman ibu menggunakan aplikasi tumbasin di kolom komentar, dan dapatkan berbagai kesepakatan menarik seperti halnya saat berbelanja di pasar tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *