Mengenal Daun Pembungkus Makanan

Mengenal Daun Pembungkus Makanan

Makanan Indonesia cukup banyak yang menggunakan daun sebagai pembungkus. Fungsi daun tersebut sebenarnya tak sekadar sebagai pembungkus, tapi juga sebagai pemberi  aroma dan warna pada makanan yang dibungkusnya. Daun-daunan ini sangat mudah kering, jika ingin menyimpannya, bungkus dengan kertas tisu dapur yang sudah dilembabkan, kemudian simpan di bagian laci sayuran dalam lemari pendingin.

Daun Pisang
Paling sering digunakan, karena mudah didapat dan luwes untuk membungkus makanan. Selain digunakan langsung sebagai alas pembungkus makanan, daun pisang juga digunakan untuk membungkus pepes, lontong atau nasi bakar yang akan dimasak lebih lanjut. Aroma harum daun pisang akan menambah kelezatannya. Daun pisang tua berwarna hijau tua lebih sering dipakai karena lebih kokoh dan lebih muda ditemukan. Daun pisang muda yang berwarna hijau muda biasa dipakai untuk membungkus kue-kue seperti timpan atau nagasari. Jenis daun pisang batu paling umum digunakan sebagai pembungkus. Selain memberi aroma, daun pisang batu juga memberikan semburat warna hijau pada makanan yang dibungkus. Supaya daun pisang lentur untuk dilipat, panaskan permukaan daun di atas api kecil secara cepat sambil digerakkan hingga seluruh permukaannya terkena panas.

Daun Kelapa
Populer dengan nama janur, lembaran daunnya panjang seperti pita dan berwarna hijau kekuningan. Biasa digunakan untuk membuat ketupat dan membungkus kue clorot. Biasanya yang dipakai adalah daun yang masih muda, karena lebih lentur dan mudah untuk dibentuk.

Daun Jati
Daun dari pohon jati ini dahulu digunakan sebagai pembungkus makanan berkat, lalu diikat dengan tali bambu. Saat ini daun jati masih sering digunakan untuk membungkus nasi jamblang khas Cirebon dan pembungkus tempe. Jika ingin membungkus makanan menggunakan daun jadi, gunakanlah daun jati muda, karena lebih lentur dan tidak mudah sobek.

Daun Jambu Biji
Memberi warna hijau alami dan rasa khas pada tapai dari ketan putih, khas daerah Kuningan, Jawa Barat. Pilihlah daun jambu yang sudah tua dan segera pakai setelah dipetik untuk memberi warna hijau yang lebih maksimal.

Daun Pandan
Ada dua jenis ukuran daun pandan, besar dan kecil. Sebagai pembungkus, sebaiknya gunakan daun pandan dengan ukuran besar. Aromanya yang khas akan tertular pada makanan yang dibungkus. Contohnya adalah kue lampu-lampu dari Sulawesi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *