Mencukupi Gizi Keluarga dengan Budget Minim

Mencukupi Gizi Keluarga dengan Budget Minim

Dilema rasanya ketika ingin makan makanan bergizi tetapi harganya mahal. Sebut saja salmon, tuna, daging sapi, atau sekadar oats, harganya juga mahal. Jika dibandingkan dengan mengkonsumsi ikan lele, kikil sapi, atau sarapan dengan nasi goreng saja, pasti jauh lebih murah, tetapi gizinya memang tidak sebanding. Galau lagi jika harus mencukupi gizi seluruh anggota keluarga. Ada anak yang masih dalam tahap pertumbuhan, pasti asupan gizi harian menjadi hal wajib untuk dicukupi. Tentu ini membuat kita harus memutar otak, bagaimana agar gizi anak dan seluruh keluarga tercukupi, tapi tidak sampai bikin kantong jebol.

Urusan kesehatan keluarga pasti menjadi prioritas nomor satu. Makanan bergizi menjadi perhatian untuk bisa dipenuhi. Kebutuhan gizi harian setiap individu memang berbeda-beda. Tergantung pada usia, jenis kelamin, berat badan, dan juga aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Jika diambil angka rata-rata, kebutuhan protein orang dewasa yang berumur 28-35 tahun adalah sebanyak 65 gram/hari. Untuk anak yang berusia 1-3 tahun, kebutuhan akan protein sebanyak 26 gram/hari.

Lalu, bagaimana agar keluarga kita tetap bisa mengkonsumsi makanan bergizi dengan budget rendah, sehingga asupan gizi keluarga tetap tercukupi tapi juga tidak membebani keuangan keluarga? Tumbasin.id punya 5 (lima) tips yang bisa diterapkan. Simak ulasan berikut ini!

Memasak sendiri di rumah

Ketika kita memasak sendiri di rumah, selain lebih hemat juga lebih sehat. Kita bisa mengatur sendiri berapa banyak gizi yang diperlukan oleh seluruh anggota keluarga. Makanan yang dimasak, pasti lebih terjamin mutu serta kebersihannya. Kita hanya perlu menjadi kreatif untuk mengolah bermacam menu sehat dari bahan makanan bergizi tinggi. Jika kamu bekerja dan tidak sempat memasak setiap hari, kamu bisa melakukannya disaat weekend. Untuk kamu yang sempat memasak setiap hari, lebih baik untuk mengolah bahan makanan menjadi beberapa masakan sekaligus. Lalu bisa dibuat dalam porsi besar yang bisa dimakan untuk 2-3 kali dalam sehari. Hanya tinggal dipanaskan kembali sesaat sebelum waktu makan tiba. Karena selain lebih hemat waktu, juga bisa meminimalkan limbah bahan pangan.

Membuat perencanaan daftar belanja

Perencanaan adalah kunci berhemat. Sehingga bukan tidak mungkin bagi kita untuk bisa mengonsumsi makanan bergizi dengan budget kecil. Kita hanya perlu merencanakan daftar belanjaan untuk satu minggu atau bahkan satu bulan. Jika punya tempat penyimpanan (freezer) yang lebih besar, lebih baik membeli bahan makanan sekaligus dalam jumlah yang banyak. Kecuali untuk buah dan sayur-sayuran yang tidak bisa tahan lama. Juga perlu diingat, sebelum membuat daftar belanja, pastikan telah menginventarisasi isi kulkas. Jadi, hanya tinggal membeli kekurangannya saja dari bahan yang masih ada di kulkas. Tujuannya agar tidak ada bahan makanan yang tersisa atau lupa diolah.

Cari harga terbaik

Jika kita ingin berhemat, cobalah membeli bahan makanan langsung di pasar tradisional. Atau bisa berbelanja di swalayan dan supermarket yang sedang menawarkan promo diskon untuk bahan makanan yang paling mahal ada di daftar belanjaan. Seperti daging sapi dan ikan yang mengandung protein tinggi. Jika perlu, bandingkan harga di beberapa supermarket dengan melihat selebaran daftar produk yang sedang diskon. Kamu juga bisa belanja bahan makanan di tumbasin.id. Selain harga yang kompetitif, kualitas produk tidak kalah saing dengan produk supermarket loh!

Pintar memilih bahan makanan yang tidak menguras dompet

Sebenarnya masih banyak bahan makanan bergizi yang bisa didapat dengan harga murah. Misalnya, kita bisa selang-seling antara protein hewani dan nabati. Tidak harus setiap hari makan daging sapi, kalau bisa diganti dengan bahan makanan lain yang juga tinggi protein. Seperti telur dan juga tempe. Kacang-kacangan seperti almond dan lentil juga memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Selain itu, banyak ragam jenis sayur-sayuran yang bisa dikonsumsi karena bergizi tinggi terlebih sayuran hijau.

Pintar mencari tempat makan murah namun menjual menu bergizi

Sesekali bolehlah jajan di luar, menikmati makanan sehat di tempat makan favorit. Kita hanya harus pintar memilih tempat makan yang menyediakan menu sehat. Memastikan bahwa tempat makan tersebut mengolah menu makanannya dari bahan-bahan yang masih segar. Terlebih yang harganya murah atau sedang menawarkan promo diskon.

Selain kelima tips di atas, tidak lupa juga untuk banyak minum air putih. Karena bagaimana pun, air juga termasuk kebutuhan gizi yang harus dipenuhi setiap harinya. Ini sumber gizi yang paling murah dan sangat mudah didapat. Tubuh orang dewasa membutuhkan asupan air putih sebanyak 2,6 liter per harinya. Sedangkan kebutuhan air untuk balita mencapai 1,5 liter per hari. Jadi jika mau kebutuhan gizi harian keluarga kita tercukupi, bisa mulai dari hal yang terkecil dulu. Pastikan bahwa keluarga kita telah minum air cukup setiap harinya sesuai standar yang telah ditetapkan.

So, selamat mencoba! Terus sehat untuk kita dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *