Kiat Membersihkan Kulkas Sebelum Puasa Ramadhan

Kiat Membersihkan Kulkas Sebelum Puasa Ramadhan

Kulkas menjadi salah alat elektronik rumah tangga yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dibersihkan secara rutin apalagi menjelang bulan puasa yang akan datang beberapa hari lagi. Selain sangat membantu untuk menyimpan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi selama bulan Ramadhan, kulkas akan mengeluarkan bau yang tidak sedap bila tidak rutin dibersihkan.

Terkadang banyak juga yang membersihkan kulkas dengan asal-asalan, bahkan menggunakan pembersih seadanya tanpa mempertimbangkan faktor higienis atau berbahaya tidaknya bahan pembersih bagi kulkas.  Ini beberapa kiat yang bisa dilakukan agar kulkas bersih, terjaga dari aroma tidak sedap selama bulan Ramadhan.

Pertama, luangkanlah waktu untuk mengeluarkan semua produk makanan baik yang dikemas maupun tidak dari dalam kulkas sebelum dibersihkan. Saat dibersihkan, kulkas harus dalam keadaan kosong. Tahap ini bisa Anda lakukan sambil memilah makanan mana yang masih layak konsumsi dan mana yang harus dibuang karena kedaluwarsa.

Cabut stop kontak sebelum mulai membersihkan kulkas. Selain untuk menghindari pembuangan energi, mencabut stop kontak juga akan menghindari risiko tersetrum saat Anda membersihkan kulkas.

Lepaskan seluruh rak dan laci yang menempel di bagian dalam kulkas.

 Gunakan sarung tangan pencuci piring untuk menghindari licin pada tangan sehingga membantu mencegah kaca terlepas dari genggaman dan pecah.

Siapkan cairan pembersih yang aman untuk membersihkan kulkas, salah satunya yaitu cairan pencuci piring. Jangan menggunakan disinfektan seperti karbol, pembersih kaca, pembersih kamar mandi, cairan pel untuk membersihkan kulkas. Produk-produk tersebut dikhawatirkan dapat menyebabkan keracunan ketika bersentuhan dengan makanan.

Mulailah dengan mengelap seluruh permukaan luar dan bagian dalam kulkas menggunakan tisu basah atau lap bersih yang dibasahi campuran sabun cuci piring dan air hangat. Gunakan kain mikrofiber atau spons berkualitas agar tidak meninggalkan serpihan-serpihan serat di dalam kulkas.

Untuk noda membandel, campur sedikit bubuk soda kue dengan sedikit air untuk menghasilkan campuran kental. Oleskan campuran ini pada noda dan diamkan selama satu jam sebelum mengelapnya menggunakan spons atau kain lembap. Bubuk soda kue membuat noda lebih mudah diseka bersih.

Setelah selesai membersihkan seluruh bagian dalam dan luar kulkas, Anda dapat kembali memasukan isi kulkas mulai dari rak dan laci. Lalu, letakkan makanan kembali ke dalam kulkas. Sambil mengembalikan isi kulkas, bersihkan juga toples, botol, dan wadah-wadah yang Anda gunakan untuk menyimpan makanan dengan kain bersih. Dan, jangan lupa untuk memasang kembali stop kontak. Kulkas Anda pun bersih kembali dan bebas bau tak sedap. Untuk menjaga agar kulkas tetap memiliki aroma yang sedap, Anda bisa meletakkan semangkuk kecil bubuk baking soda untuk menyerap bau. Bisa juga dengan meletakkan kulit lemon di dalam kulkas, tisu gulung, atau bubuk kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *