Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Bayam merupakan sayuran daun yang lezat dan kaya manfaat. Bayam dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang dikonsumsi sebagai sayur. Seperti sayuran hijau pada umumnya, bayam mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan. Sayur bayam juga kaya akan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Di Indonesia, tanaman bayam merupakan tanaman budidaya yang dapat ditemukan diseluruh nusantara. Dengan rasanya yang lezat serta kandungan gizi yang bermanfaat, sayur bayam banyak disukai masyarakat. Tidak sulit untuk memperoleh sayuran ini, karena banyak dijual dimana-mana, disupermarket maupun di pasar-pasar tradisional.

Bayam mengandung bermacam-macam zat yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Diketahui dalam 100 gram bayam segar mengandung karbohidrat sebanyak 3,2 gram, kalsium 81 gram, protein 2,3 gram dan zat besi 3 gram. Bayam juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin A, sodium, magnesium, kalium, phosphor, thiamin, riboflavin dan niacin.

Manfaat dan Khasiat Bayam Untuk Kesehatan anatara lain:

  • Mencegah Kurang Darah (Anemia)

Bayam kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia. Zat besi bermanfaat untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah, sehingga mengkonsumsi sayur bayam dapat mencegah gejala kekurangan darah.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata, kandungan bayam yang kaya akan beta-karoten, lutein, xanthene dan caritenoid sangat baik untuk kesehatan mata dan membuat penglihatan Anda menjadi lebih baik.

Beta-karoten yang ada pada bayam hijau menjadi alasan mengapa sayuran ini sehat untuk mata Anda. Dengan makan bayam yang rutin, vitamin A Anda akan selalu tercukupi dan tak perlu takut kekurangan. 

Selain itu, makan bayam hijau juga baik untuk mengurangi rasa gatal di mata, bantu mengobati ulkus mata, dan gangguan pada mata lainnya.

Lain lagi dengan xanthene dan lutein yang juga terkandung di dalam bayam. Keduanya bertugas sebagai antioksidan yang mencegah terjadinya radikal bebas, yang bisa menyebabkan katarak pada mata. 

  • Mencegah Gangguan Kesehatan Pada Mulut

Bayam mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan mulut. Mengkonsumsi bayam dapat mencegah gangguan pada mulut seperti gusi berdarah dan sariawan.

  • Baik Dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui

Kandungan folate pada bayam sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. . Hal tersebut dikarenakan dapat mengembangkan sistem saraf mereka, sehingga cacat pada mulut, seperti sumbing dapat terhindarkan.Vitamin A yanag terkandung pada bayam juga bermanfaat dalam perkembangan paru-paru janin.

Oleh karena itu, bayam hijau sangat bermanfaat bagi para ibu hamil dan menyusui karena memberikan dampak yang baik bagi anak Anda.

  • Mencegah Kanker

Sebuah penelitian menyebutkan kandungan vitamin A, vitamin C, serat, folic acid dan 13 jenis flavanoid yang berbeda bermanfaat dalam melawan sel kanker. Kandungan tersebut dapat menurunkan resiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker leher rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.

Kandungan klorofil yang ada di bayam berperan sebagai penahan efek karsinogenik dari amina heterosilik, seperti yang ditampilkan melalui percobaan hewan. Tidak hanya itu, bayam juga membantu memperlambat pertumbuhan sel tumor. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang melibatkan seorang wanita yang memiliki tumor di serviksnya.

  • Menurunkan Resiko Penyakit Cardiovaskular

Mengkonsumsi bayam diketahui mampu menurunkan resiko penyakit cardiovaskular. Kandungan folatenya bermanfaat menurunkan homocysteine, amino acid dalam darah. Semakin rendah tingkat homocysteine dalam darah, maka semakin rendah resiko penyakit cardiovaskular.

  • Mencegah Tulang Keropos (Osteoporosis)

Bayam mengandung kalsium yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Asupan kalsium yang cukup akan menurunkan resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. Mengkonsumsi bayam akan menghindarkan anda dari pengeroposan tulang.

  • Membantu Program Diet

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, ada baiknya anda mengkonsumsi bayam. Hal ini karena zat besi pada bayam akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan lebih banyak membakar lemak.

  • Menurunkan Resiko Penyakit Alzeimer

Kekurangan vitamin B12 atau folat dapat meningkatkan resiko penyakit alzeimer. Mengkonsumsi bayam akan membantu anda memenuhi asupan vitamin B12 atau folat, sehingga resiko penyakit alzeimer dapat diturunan.

  • Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin B pada bayam membantu menyehatkan kulit anda. Vitamin B baik untuk menjaga kulit tetap sehat dan melindungi dari sinar UV.

Salah satu masalah kulit yang dapat diatasi dengan menggunakan bayam adalah jerawat. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup dengan mencampurkan bayam dengan sedikit air, aduk hingga menjadi seperti masker dan oleskan pada wajah, lalu diamkan selama 20 menit.

Hal tersebut akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit serta membuat kulit segar dan meremajakannya dari dalam.

  • Menstabilkan Gula Darah

Mengkonsumsi bayam dapat menstabilkan gula dalam darah, sehingga dapat menurunkan resiko diabetes. Antioksidan atau asam alfa-lipoat yang terkandung di bayam juga dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah oksidatif. Selain itu, manfaat bayam dengan asam alfa-lipoat ternyata bisa menurunkan resiko neuropati perifer dan otonom pada penyandang diabetes.

Studi kasusnya memang belum terungkap jelas, apakah asam alfa-lipoat dalam bentuk pil atau tablet akan sama efeknya dengan yang injeksi. Namun, tidak menutup harapan bagi para penyandang diabetes untuk tetap makan bayam agar mereka terhindar dari komplikasi.

  • Menyehatkan Usus

Bayam mengandung vitamin C dan Beta-caroten yang berkhasiat dalam melindungi sel-sel usus dari efek radikal bebas. Kandungan folate pada bayam juga dapat membantu mencegah mutasi dan kerusakan DNA dalam sel usus.

  • Anti Radang (Inflamasi)

Bayam mengandung zat anti peradangan atau anti inflamasi yang baik dikonsumsi oleh penderita inflamsi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

  • Sebagai Antioksidan

Bayam juga diketahui mengandung antioksidan alami yang baik. Antioksidan berperan dalam melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit.

  • Memperkuat otot

Nah, ini dia keistimewaan bayam hijau yang sering digunakan oleh Popeye, memperkuat otot. Ternyata, tidak hanya di kartun saja, di dunia nyata pun bayam sangat berperan penting dalam mengencangkan otot Anda, terutama otot jantung.

Hal tersebut dikarenakan faktor koenzim Q-10 (C0-Q10) bertugas sebagai antioksidan yang juga membantu memompa darah ke seluruh tubuh karena otot jantung yang lebih kuat tadi. Selain itu, koenzim pada bayam juga mampu mencegah resiko penyakit gagal jantung, hipertensi, dan jantung koroner.

  • Menjaga tekanan darah

Bagi para penderita hipertensi, mengonsumsi sayur bayam sangat bermanfaat karena beberapa nutrisi pada bayam memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan kadar Na- K dengan menurunkan kadar Kalium (potassium) dalam tubuh. Kandungan potasiumnya ternyata dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, resiko terkena hipertensi pun berkurang karena folat yang menenangkan pembuluh darah.

Tekanan darah yang terjaga dengan baik, Anda juga mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Nah, tubuh pun mendapatkan oksigen dengan baik.

Demikian tentang kandungan gizi dan manfaat bayam untuk kesehatan. Meskipun memiliki banyak sekali manfaat, mengkonsumsi bayam sebaiknya tidaklah berlebihan. Konsumsilah bayam dalam batas kewajaran saja. Sebab sesuatu yang berlebihan akan berakibat buruk bagi anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *